Selasa, 27 November 2012

Festival Fotografi Pingyao Siap Pikat 1.700 Fotografer Dunia

PINGYAO, sebuah kota bertembok kuno di China tengah yang kerap dijuluki 'Kota Penyu', akan bertransformasi menjadi sebuah galeri seni kolosal pada akhir bulan ini dalam rangka Festival Fotografi Pingyao Internasional ke-12.

Sebagai salah satu pergelaran foto terbesar di dataran China, acara tahun ini bertema 'Regresi dan Melampaui' dan akan berlangsung dari 19 hingga 25 September 2012. ''Regresi berarti kembali ke esensi fotografi,'' kata Direktur Seni Festival Zhang Guotian.

''Sementara itu, melampaui berarti untuk melampaui batas-batas tradisional dan mencari cara untuk beradaptasi dengan era digital.'' Zhang mengatakan festival ini akan mencakup 332 pameran di Pingyao yang menampilkan berbagai genre fotografi dengan topik yang berbeda-beda.

Karya seni juga akan dipasang di jalan-jalan dan di empat candi, seperti City God's Temple dan Confucius Temple.

''Semuanya adalah kuil peninggalan dengan sejarah lebih dari 100 tahun,'' tambah Zhang.

''Ini akan menjadi lebih seperti sebuah pameran fotografi kuil besar.''

Adapun pameran Josef Koudelka menjadi puncak Festival Fotografi Internasional Pingyao untuk tahun ini. Josef Koudelka, seorang fotografer dari Republik Ceko, akan menjadi pembawa acara pameran ini bersama dengan Yayasan Aperture.

Pameran yang akan diadakan di sebuah bekas pabrik diesel akan menampilkan 75 foto oleh fotografer berusia 74 tahun yang berfokus pada berita dan fenomena sosial. Koudelka dan Melissa Harris, Kepala Editor Majalah Aperture, akan menghadiri upacara pembukaan pameran pada 19 September.

Ajang lainnya, ada Rockarchive - 50 Tahun Rock Inggris yang dikuratori oleh David Elliot dari Bagian Pendidikan dan Kebudayaan dari Kedutaan Besar Inggris, sebuah pameran penghargaan kepada pelopor jurnalisme foto Gu Di.

Ada pula She Ying Guo, sebuah pameran kelompok dengan fotografer China. Secara harfiah, Pingyao berarti 'damai dan jauh'. Situs Warisan Dunia UNESCO memperkirakan kota ini tekah berusia 2.600 tahun dan terkenal karena tembok kota yang didirikan di 1.370 selama Dinasti Ming.

Dengan ukuran 6.400 meter, 12 x 4 meter, dinding Pingyao memiliki enam gerbang yang menghadap enam arah sehingga membuatnya menyerupai kura-kura. Maka itulah, Pingyao mendapat julukan 'Kota Kura-Kura'.

Tidak ada komentar: